Oleh: Hery | 8 Februari 2009

Indonesia Negara Paling Banyak Musim


rain dayIni adalah kisah nyata yang terjadi berdasarkan pengalaman saya. Tepatnya pada tanggal 31 januari 2009. Siang itu saya baru saja kembali dari kampus dan akan menuju stasiun UI. Cuaca saat itu hujan gerimis, maklum saat itu bulan januari, bulannya musim penghujan. Untuk diketahui saja dikarenakan Indonesia terletak secara geografis berada di daerah tropis, indonesia hanya mengalami dua musim saja Kalau tidak musim kemarau, ya musim penghujan. Kembali ke cerita semula, setelah sampai di stasiun, lalu membeli karcis dan menunggu beberapa saat, akhirnya kereta menuju jakarta pun tiba. Dan saya bersiap untuk naik.


Namun apa yang terjadi setelah saya naik ke kereta. Saya kaget bukan kepayang, sempat saya berusaha untuk menyadarkan diri, ini mimpi…atau bukan? Kejadian yang pertama kali terjadi dalam sejarah hidup saya, setelah hampir satu setengah tahun menggunakan jasa kereta api listrik (KRL). Ya Tuhan, dikereta itu saya melihat banyak sekali petugas keamanan, entah namanya satpol PP atau bukan, yang jelas mereka berseragam biru, bersepatu boot, dengan peralatan lengkap dengan pentungan, HT, dan helm putih bertuliskan SATGAS. Mereka tampak awas, mengawasi gerak-gerik penumpang kereta api, meminta para penumpang untuk menunjukan karcis termasuk saya dan sesekali melihat keadaan sekitar dengan tajam. Jumlah mereka cukup banyak, bila saya ingat hampir tiap gerbongnya berisikan 5-6 petugas.
Usut punya usut, kehadiran petugas tersebut katanya, sedang melakukan penertiban terhadap para pedagang, pengemis, pengamen, preman, pengasong yang sering berkeliaran di KRL. Karena menganggap mereka merusak kenyamanan, ketertiban, dan keindahan. Oh,.. saya kini baru tahu, saat itu memang sedang ada musim razia ketertiban oleh para petugas KRL, setelah saya mengobrol dengan salah satu penumpang. Yah sudah menjadi kebiasaan setiap ada razia penertiban begini paling hanya sampai paling kuat 3 minggu. Setelah itu, balik lagi, para pedagang, pengemis, pengamen, preman dan pengasong bakalan eksis kembali di dunia perkereta-apian, Kata penumpang tersebut.

krl ekonomi
Jadi ingat kembali, sekitar beberapa bulan yang lalu, saya lupa tepatnya kapan, ketika petugas KRL juga melakukan penertiban, tapi penertiban kali itu ditujukan kepada pedagan disekitar stasiun. Saya ingat betul sebelum razia penertiban tersebut setiap stasiun terlihat kumuh dikarenakan para pedagang yang berjualan tidak teratur. Bahkan ada pedagang yang menggunakan tempat tunggu penumpang kereta menjadi lahan jualannya. Peristiwa tersebut terjadi di Stasiun Tebet tapi saya yakin bahwa kejadian yang sama juga terjadi di Stasiun Lain. Setelah razia penertiban tersebut, mulailah di setiap stasiun mulai bersih dari pedagang, keadaan stasiun menjadi nyaman, bersih dan penumpang dapat dengan tenang menunggu kereta tanpa harus diusik oleh ulah pedagang. Namun kenyataannya, setelah selang beberapa minggu, setelah razia, pedagang mulai kembali berjualan di stasiun, bukannya bertambah baik dengan adanya razia namun hasilnya justru sama saja. Hal tersebut juga berlaku sama bagi beberapa razia penertiban yang dilakukan oleh petugas KRL, seperti razia penertiban karcis, razia penumpang gelap, dsb.
Akhirnya saya dapat menyimpulkan bahwa razia yang dilakukan oleh petugas penertiban KRL ataupun petugas-petugas lain diindonesia yang bertugas untuk melakukan penertiban, hanya dilakukan secara musiman. Artinya apa, setiap ada regulasi-regulasi dari aparat yang berwenang, tidak dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Namun hanya dilakukan berdasarkan kurun waktu tertentu, tanpa bertujuan untuk benar-benar menertibkan apalagi memberdayakan.

pedagang di krl
Yah, sebagai warga negara yang sigap dengan situasi, mungkin saya harus bersiap untuk terbiasa, bukan hanya terbiasa dengan hujan dadakan yang sewaktu-waktu datang dimusim hujan. Tapi juga terbiasa dengan musim razia yang sewaktu-waktu dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Memang indonesia negara dengan banyak musim.


Responses

  1. sebentar lagi musim peresmian dan kesuksesan…

    • terimakasih banyak..


Tinggalkan Balasan

Kategori

