Oleh: Hery | 26 Oktober 2009

Bergosip Itu Indah


gossip nih..Dear blog, saya mau nulis tentang pengalaman saya yang sebenernya sih biasa-biasa aja dan secara  pribadi sih gak penting . Tapi lumayanlah untuk ngisi blog gw yang minim tulisan.

Hari ini, kamis, 22 oktober 2009,  saya tandai dengan bangun kesiangan. Walaupun saya sudah bangun untuk sholat subuh tapi berhubung pikiran nakal, klo jadwal kuliah hari ini rada siangan* (jam 9 pagi waktu depok). Pagi itu saya putuskan untuk tidur lagi, nah… dilalah, saya bangun jam 8 tenggg. ARRRGGGHHHH,….

Segeralah saya mandi seadanya, makan pun tak sempat, untuk mengejar kuliah etika saya. Hmm,..lalulintas yang macet pun menghambat saya sampe ke kampus. Maklum untuk menuju kampus di kawasan Depok, saya musti naik angkot 2 kali dari rumah saya di Pondok Bambu. Itu pun ditambah naik kereta dari stasiun Tebet. Sampe di tebet jam 08.58, 2 menit lagi kuliah saya mulai dan saya masih di stasiun Tebet. Lalu dikarenakan tidak adanya kereta ekonomi pada jam tersebut, maka saya memutuskan untuk naik ekonomi AC. Saya dapat mengatakan ini sebagai sebuah pengorbanan, dengan harga tiket Ekonomi AC yang Rp.5500 itu hampir 4 kali lipat dari pada saya naik ekonomi biasa yang harganya Cuma Rp.1500. lumayan, harus merogoh-rogoh kocek lebih dalam.

Jam 09.20 saya sampe stasiun depok, hampir berlari saya menuju FIB dengan tergopoh-gopoh, saya pikIr lumayan juga sih sekalian olahraga asal jangan tiap hari. Trus pas sampe pintu kelas,

BUSSSYYEEEETTTT…

Dosennya kagak masuk, kabar terakhir mengatakan bahwa bu Dosen sakit jadi tidak datang. Dalam hati, “Sial, klo gini mah kagak usah lari-larian sampe bela-belain naek kereta ekonomi AC segala”. Yah sudah daripada meratapi nasib, tapi jujur rada seneng juga sih dosennya kagak masuk. Hehehe,.

Kemudian, kuliah dialihkan ke meja Kansas (Kantin Sastra). Sambil memanjakan perut dan tenggorokan yang rada kering gak disiram. Lama juga nunggu jam kuliah selanjutnya, sekitar jam 13.00 masih sekitar 2 jam lagi. hadoohhhh,…

Nah, pada saat inilah tanpa bisa dihindari saya dan beberapa teman-teman saya (isinya cowok semua) mulai bercerita. Obrolan nya kemudian nyerempet-nyerempet ke hal-hal mengenai teman sendiri dalam satu angkatan. Dalam kata lain, saya dan teman-teman saya sedang bergosip. Namun inilah ke-khasan angkatan di jurusan saya. Gosipnya beda men.  Mereka bergosip dengan beberapa simbol-simbol khusus. Boleh dibilang mereka menggunakan bahasa yang “tersirat” dan inilah yang pada akhirnya membuat saya merasa jadi orang paling bodoh se-dunia.

Dalam sebuah pembicaraan, (ada sekitar 4 orang pria dan saya termasuk didalamnya)

Mr A: eh, gw ada kabar baru loh.

Mr B: apaan tuh coy?

Mr A: ternyata si Dia lagi PDKT sama si Itu.

Mr C: siapa,…siapa, si Dia…?

Mr B: ah, itu bukannya dari smester satu si Dia suka sama si Ono?

Mr A: serius lw? Tapi gw dapet sumber langsung dari si Ntu.

Mr B: ah, lw. Gw dapet sumbernya dari orangnya langsung. (sambil ketawa cekikikan)

Mr C: jangan-jangan yang ada di kepala lw sama ama yang ada di kepala gw.

Mr A: gw tau, jadi si Dia smester pertama ngejar si Ono secara gak langsung ada hubungannya dengan si Itu. (cekikikan…)

Saya: dalam hati: “emang siapa si Dia, si Itu, si Ono, sama Si Ntu?”. (kagak ngerti, kagak nyambung)

Pada akhirnya Mr A, Mr B, Mr C ketawa cekikian bareng. Rupanya mereka satu kepala, bayangkan tanpa menyebutkan nama, identitas dan lain sebagainya mereka bertiga tau hal yang sama. Dasssyattt gak tuhh. Interpretasi bermain di lahan ini. Pada situasi tersebut, akhirnya saya harus memelas meminta ke teman saya, supaya taw siapa si Dia, si Itu, si Ono, sama Si Ntu. Dan itu membuat saya berasa jadi orang goblok, segoblok-gobloknya. Tapi gak papalah, daripada saya harus mati berdiri karena penasaran.

Akhirnya, saya dapat menemukan beberapa jawaban atas pengajuan pertanyaan banyak orang.

gosip di kantor

KENAPA ORANG SUKA BERGOSIP?

Yang pertama: gosip bikin orang penasaran, sumpahhh,..saya ngerasain sendiri. Yaitu posisi dimana anda tidak bisa makan, tidak bisa minum, bahkan tidak bisa tidur untuk mendapatkan sesuatu yang dirasa sangat misterius bagi anda dan itu justru membuat anda semakin penasaran. Dalam gosip ada hal-hal yang menantang, tidak disangka-sangka, tidak diduga-duga. Dan rasa itulah yang justru membuat anda bersemangat untuk hidup. Dan hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang suka gosip, karena rasa penasaran yang tinggi

Yang kedua: gosip bermanfaat membantu kita untuk mengintrospeksi diri melalui kejadian yang dialami oleh orang lain. Berbagai hal seperti masalah perceraian para artis, perselingkuhan dan masih banyak lagi, justru dari pengalaman orang lain tersebut,  anda dapat membuat antisipasi pencegahan terhadap kehidupan pribadi anda.

Yang ketiga: gosip juga bermanfaat membantu anda dalam memandang orang lain, termasuk teman anda, sahabat anda, rekan bisnis anda, sampe tetangga sebelah anda, dan masih banyak lagi. setiap orang pasti mempunyai penilaian subjektif tentang orang lain, nah bergosip itu membantu anda menarik kesimpulan tentang seseorang yang ada gosipkan dengan pendekatan intersubjektif.

Saya menyimpulkan bahwa bergosip itu indah, sejauh orang yang kita gosipin gak taw klo dia kita omongin. Tapi klo sampe orang yang kita gosipin taw, wah bisa berabe. Urusannya bisa gawat tuh.hehehe…

Untuk itulah, saya memposisikan diri saya dalam dunia persilatan gosip di dalam komunitas angkatan saya sebagai seorang penikmat gosip (orang yang pasif) bukan orang yang bergelut di dunia pergosipan (orang yang aktif). Artinya saya hanya sekedar taw hal-hal yang membuat penasaran. Kalau sudah taw ya sudah,…selesai. Itu saja.

Sekian…..


Responses

  1. sampah elo her…
    GOSIP aja kerjaan elo.
    kalah nih gue gosip yang ini ketinggalan gitu masa
    aiih aiiih

  2. sampah elo her…
    GOSIP aja kerjaan elo.
    kalah nih gue gosip yang ini ketinggalan gitu masa
    aiih aiiih

    • sialan lw. gw tuh cuma penikmat gosip doang. gak lebih.
      ahahaha…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: