Oleh: Hery | 6 Maret 2010

Salut Pansus


Pesimistik terhadap kinerja Pansus Bank Century kini tidak terbukti. Rapat Paripurna DPR tanggal 3 Maret kemarin telah menjadi ajang pembuktian ketajaman pansus. Walaupun sebelumnya muncul keraguan bahwa Pansus hanyalah kamuflase kepentingan politik untuk ajang tawar kursi dan “dagang sapi”. Akhirnya kebenaran lah yang bersuara malam itu.

Berjalannya Pansus dari awal pembentukan sampai dengan keputusan rabu malam tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Setidaknya lingkaran kekuasaan telah berupaya mati-matian untuk membungkam kinerja pansus,  dari upaya loby-loby politik, hingga ancaman akan “didepak” dari kabinet telah dilakukan, namun akhirnya hal tersebut tidak menggetarkan pansus. Hari rabu malam Pansus melalui mekanisme voting resmi menyatakan bahwa memilih opsi C, bahwa baillout Bank Century bermasalah. agaknya keputusan tersebut membuat gundah presiden yang sebelumnya menyatakan secara tidak langsung bertanggungjawab terhadap keputusan baillout.

Semoga sidang Paripurna yang lalu menjadi sebuah mekanisme politik demokratis untuk penegakan moral dan hukum di negara kita. Bukan sekedar balas dendam politik yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan suara rakyat.

Berani Beda

Ucapan salut saya berikan kepada Ibu Lily  dan Bapak Ahmad. Mereka berani “unjuk beda” dengan rekan-rekan mereka satu fraksi. Bagi saya, hal yang mereka lakukan harus diapresiasi tinggi. Mereka telah membuktikan bahwa suara mereka untuk kepentingan rakyat, bukan kepentingan partai semata. Bila kepentingan partai tidak sesuai dengan suara hati, maka sudah menjadi hak mereka untuk bersuara “beda”. Ini sebagai pengingat para Anggota Legislator yang lain, bahwa mereka duduk di Senayan adalah karena suara rakyat. Jadi apapun yang terjadi suara rakyat harus lebih diperjuangan daripada suara partai ataupun kepentingan pragmatis semata. 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: